Jenuh Dengan Rutinitas Harian? 7 Wisata Air Terjun Cantik Di Malang Ini Bisa Kamu Jadikan Pilihan Untuk Liburan Dan Mendinginkan Pikiran!

Jenuh Dengan Rutinitas Harian? 7 Wisata Air Terjun Cantik Di Malang Ini Bisa Kamu Jadikan Pilihan Untuk Liburan Dan Mendinginkan Pikiran!

Kekayaan wisata alam di daerah Malang tak perlu dipertanyakan. Dengan letaknya yang secara geografis berada di dataran tinggi yang dikelilingi oleh gunung-gunung, membuat ada banyak sekali pilihan wisata alam yang bisa dikunjungi jika kita berkunjung ke kota ini. Tak hanya gunung dan pantai yang indah, Malang juga kaya akan air terjun yang begitu mempesona. Berikut 7 wisata air terjun cantik yang populer dan banyak diminati oleh wisatawan. Penduduk setempat biasa menyebut air terjun dengan “coban”.

 

1. Coban Pelangi

Coban Pelangi merupakan salah satu wana wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang.  Terletak di daerah Gubuk Klakah Poncokusumo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Malang, Jawa Timur.  Air terjun ini berada diketinggian 1299,5 dan memiliki ketinggian kurang lebih 110 m.

Jika datang diwaktu yang tepat, di sini kita bisa melihat pelangi karena adanya pembiasan cahaya matahari dan air. Dengan pesona keindahan yang ditawarkan, tak heran jika air terjun ini cukup populer di kalangan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Foto : instagram @septianvandi

2. Coban Rondo

Coban Rondo terletak di kaki gunung Kawi pada ketinggian 1135 m di atas permukaan laut,  tepatnya berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.  Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 84 meter.

Tak hanya terkenal akan keindahan yang menawan, Coban Rondo juga sangat populer dengan mitos dan  legenda yang menyertainya. Di sana kita juga tak hanya bisa melihat keindahan air terjun, tetapi juga bisa menikmati aneka pilihan wisata lainnya, seperti rafting, bersepeda gunung, menjelajah labirin, outbond, dll. Dengan fasilitas yang terbilang lengkap dan akses yang mudah, wana wisata Coban Rondo kerapkali dipadati pengunjung, terutama di weekend dan hari libur.

Foto : instagram @egi_bayu29

3. Coban Talun

Coban Talun terletak di lereng  gunung Arjuna dengan ketinggian 950 m di atas permukaan laut. Tepatnya di Dusun Junggo, Desa Tulung Rejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Sekitar 15 km dari kota Malang, atau kurang lebih 1,5 jam perjalanan.

Tidak hanya menyuguhkan air terjun yang mempesona, di wana wisata Coban Talun terdapat banyak spot foto yang sangat indah dan menarik, seperti kawasan hutan pinus, Pagupon Camp, Apache Camp, dan Bunga Raksasa.

Foto : Instagram @masedy80

4. Coban Rais

Coban Rais terletak di kawasan Pegunungan Panderman dengan ketinggian 1025 m di atas permukaan laut. Tepatnya di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter. Bagi yang menyukai petualangan, Coban Rais merupakan pilihan yang tepat, karena untuk menuju ke air terjun ini membutuhkan tr ekking kurang lebih 1 jam. Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan hijaunya pepohonan dan aliran sungai yang begitu memanjakan mata.  Tak hanya terdapat air terjun,  di sebelah atas Coban Rais kini terdapat spot foto yang sangat menarik yang baru-baru ini menjadi hits dan sangat populer, yaitu Bukit Bulu dan Batu Flower Garden.

Foto : Instagram @rizkiespada20

5. Coban Jahe

Coban Jahe terletak di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Penamaan jahe sendiri tidak ada kaitannya dengan tanaman jahe, namun berasal dari kata pejahe yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti meninggal. Awal mula penamaan ini yaitu ketika dulu terdapat anggota tentara  yang meninggal di sekitar air terjun saat melakukan perlawanan terhadap tentara Belanda. Para pejuang ini gugur setelah dibombardir Belanda di daerah tersebut saat akan melanjutkan perjalanan ke Lumajang. Kejadian ini  berlangsung sekitar tahun 1947-1948.

Selain bersejarah, Coban Jahe juga tak kalah indah dengan coban-coban lainnya di kawasan Malang Raya. Disekitar air terjun juga terdapat taman bunga yang semakin menambah kecantikan tempat ini. Fasilitas yang tersedia juga terbilang lengkap, seperti toilet, mushola, pusat informasi, gazebo, dll. Di sini juga disediakan permainan tubing.

Foto : Instagram @ed.sanjaya

6. Coban Tumpak Sewu

Coban Tumpak Sewu berada di kawasan perbatasan Malang – Lumajang. Tepatnya terletak  di  Desa Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang arah Malang, Jawa Timur.  Air terjun ini memiliki ketinggian 180 meter. Dengan panorama  yang luar biasa indah dan istimewa, wajar jika Coban Tumpak Sewu menjadi populer di kalangan wisatawan.

Foto : instagram @royradjaini

7. Air  Terjun Sumber Pitu Pujon

Air terjun Sumber Pitu Pujon terletak di  Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan  Pujon, Kabupaten  Malang, Jawa Timur. Seperti namanya, sumber pitu yang berarti 7 sumber, air terjun ini memang mempunyai 7 titik air terjun dalam 1 tebing yang cukup tinggi. Dengan tebing yang ditumbuhi tanaman hijau, dan sumber air yang jatuh sedemikian rupa di sela-selanya, pemandangan yang tersaji disini sangatlah indah dan mempesona.

Foto : instagram @liburan_yuk.id

Selain air terjun di atas, masih ada banyak lagi wisata air terjun yang terdapat di daerah Malang. Namun, 7 wisata air terjun cantik tersebut untuk saat ini bisa dibilang  populer dan banyak diminati wisatawan.

Menikmati panorama air terjun yang begitu indah dengan hawa sejuk alami khas pegunungan yang mengiringi tentu akan membuat pikiran kita menjadi rileks. Apalagi jika datang  berkunjung bersama orang-orang tersayang, tentu liburan akan semakin menyenangkan. 

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di setiap perjalanan kita ya, agar alam tetap lestari dan keindahannya tetap terjaga sampai seterusnya nanti.

 

Penulis : @ami_salim


Blakrax Trip

Menyediakan paket perjalanan wisata menarik dengan berbagai macam pilihan destinasi (petualangan, alam, budaya, sejarah, edukasi)