Jangan Lewatkan 9 Tempat Wisata Menarik Ini Jika Berkunjung Ke Belitung!

Jangan Lewatkan 9 Tempat Wisata Menarik Ini Jika Berkunjung Ke Belitung!

Bangka Belitung terletak di sebelah timur pulau Sumatera. Setelah sebelumnya menyatu dengan provinsi Sumatera Selatan, Bangka Belitung akhirnya berdiri menjadi provinsi sendiri dengan beribukota di Pangkalpinang, dan telah disahkan pemerintah pada tanggal 9 Februari 2001 silam. Provinsi ini terdiri dari dua pulau besar yang menjadi pulau utama yakni Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta terdapat banyak pulau kecil lainnya seperti Pulau Mendanau, Pulau Lepar, Pulau Selat Nasik dan lain sebagainya. Banyak pulau yang belum berpenghuni di Provinsi Bangka Belitung ini. Total pulau yang sudah diberi nama ada 470 buah, sementara yang telah dihuni manusia baru 50 pulau. Selain terkenal sebagai salah satu kawasan penghasil timah di Indonesia, Bangka Belitung saat ini juga populer akan pariwisatanya. Dengan keindahan alam yang demikian istimewa, disini memang sangat tepat untuk dijadikan destinasi wisata. Nama Bangka Belitung semakin berkibar setelah adanya novel “Laskar Pelangi” karangan Andrea Hirata yang kemudian diangkat ke layar lebar. Setting lokasi yang bertempat di Bangka Belitung, semakin membuka mata dunia akan keindahan dan pesona yang dimiliki kawasan ini. Ada banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, ini sembilan diantaranya :

 

1. Tanjung Pendam

Tanjung Pendam merupakan tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati indahnya panorama pantai, khususnya di momen ketika matahari mulai terbenam. Duduk santai di tepi pantai bersama orang-orang tersayang  dan menyaksikan detik-detik tenggelamnya mentari tentu akan menjadi pengalaman istimewa tersendiri. Selain  duduk-duduk, disini kita juga bisa berjalan-jalan sembari melihat galeri lukisan dan aneka kerajinan tangan yang terdapat di area sekitar pantai. Tak perlu khawatir pula jika perut mulai terasa lapar, karena disini sudah banyak terdapat rumah makan. Pemandangan yang sedemikian menawan dengan ombak yang tidak terlalu besar, membuat Tanjung Pendam menjadi kian populer di kalangan warga Belitung.

Foto : instagram @hengkyw

2. Pantai Teluk Gembira

Pantai Teluk Gembira terletak di kecamatan Membalong, sekitar 65 km dari Tanjung Pandan. Dengan suguhan panorama yang cantik, tak heran jika pantai ini kerapkali dipadati pengunjung, khususnya di akhir pekan dan ketika musim liburan. Pantai Teluk Gembira memiliki garis pantai yang panjang,  di tepinya ditumbuhi pepohonan sehingga memberikan keteduhan dan cocok digunakan untuk tempat piknik. Di pantai ini juga terdapat dermaga penyeberangan untuk menuju Pulau Seliu. Setiap harinya pada  jam-jam tertentu, tersedia kapal reguler untuk menyeberang ke Pulau Seliu.

Foto : instagram @mizt_dhealyzha

3. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Luas pulau ini kurang lebih sekitar 1 hektar. Selain pemandangan yang luar biasa indah, hal lain yang membuat Pulau Lengkuas semakin menarik yakni dengan adanya bangunan mercusuar tua. Mercusuar setinggi 50 meter ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1882 dan masih aktif hingga saat ini. Melihat hamparan pemandangan dari puncak mercusuar tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi  wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Menikmati keindahan dari ketinggian memang pastinya akan menjadi momen yang sangat berkesan. Menariknya, jika enggan untuk memanjat sampai puncak juga tetap bisa melihat pemandangan luar dari dalam mercusuar tersebut, karena di setiap lantainya terdapat jendela yang menghadap ke berbagai arah.

Foto : instagram @supermengmalaya

4. Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar merupakan salah satu pulau yang terletak di sekitar Pantai Tanjung Kelayang. Jarak tempuh dari Pantai Tanjung Kelayang sekitar 15 menit. Pemandangan yang disuguhkan di Pulau Batu Berlayar tergolong unik. Dari kejauhan, pulau ini nampak seperti gundukan pasir putih yang dipenuhi batu granit. Tak hanya menyuguhkan panorama yang unik dan mempesona, di pulau ini kita juga dapat melihat aneka biota laut seperti ikan-ikan dan bintang laut yang indah. Menghabiskan waktu liburan dengan berjalan-jalan mengelilingi pulau cantik ini tentu akan sangat menyenangkan.

Foto : instagram @liliesrusman

5. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong terletak di Kecamatan Membalong, sekitar 70 Km dari Tanjung Pandan. Lokasinya memang sedikit terpencil, namun dengan indahnya panorama yang disuguhkan membuat perjalanan jauh yang kita lakukan akan terbayar. Di pantai cantik ini  banyak terdapat pepohonan, sehingga membawa kesejukan bagi para pengunjung yang datang kesini. Pemandangan birunya lautan dengan hamparan pasir putih dan bebatuan granit seiring semilir angin yang berhembus benar-benar membawa suasana kedamaian tersendiri. Untuk fasilitas yang tersedia juga bisa dibilang cukup memadai.  Sudah terdapat toilet, mushola, dan ada warung-warung sederhana yang menjual makanan ringan, seafood dan air kelapa.

Foto : instagram @rendi_f18

6. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, sekitar 30 km dari pusat kota Tanjung Pandan. Pantai menawan ini semakin populer setelah dulu digunakan menjadi salah satu lokasi syuting film nasional Laskar Pelangi. Disini kita tak hanya bisa duduk-duduk menikmati pemandangan yang cantik, tetapi juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti snorkeling, jetski, memancing, berjalan menggunakan kano, berenang, dan sebagainya. Fasilitas yang tersedia di pantai ini  terbilang lengkap. Disini juga sudah terdapat hotel dan restoran sehingga dapat memudahkan wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Foto : instagram @husywanaris

7. Bukit Berahu

Bukit Berahu terletak di pesisir pantai di Belitung,  dekat Pantai Tanjung Tinggi. Bukit Berahu bukan sebuah bukit pada umumya yang berupa gundukan tanah dengan ditumbuhi rumput dan pepohonan di atasnya,  namun Bukit Berahu ini merupakan suatu perpaduan antara restoran dengan villa atau bungalow. Dari sini, kita dapat melihat pemandangan pantai yang sangat indah. Istimewanya, pantai disini merupakan pantai bagian dari bungalow, sehingga tak seperti pantai-pantai lainnya, disini kita akan mendapatkan sensasi private beach. Untuk menuju pantai cantik ini, dari Bukit Berahu kita bisa turun lewat anak tangga yang telah disediakan.

Foto : instagram @tioharryanto

8. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, sekitar 27 km dari pusat kota Tanjung Pandan. Kecantikannya tak perlu dipertanyakan lagi. Seperti halnya ciri khas pantai-pantai Belitung lainnya, pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan birunya laut, hamparan pasir putih dan bebatuan granitnya. Berbagai acara akbar maritim berskala nasional dan internasional seringkali diselenggarakan disini. Tak heran jika Pantai Tanjung Kelayang sangat populer di kalangan wisatawan baik domestik maupun internasional.

Foto : instagram @laniciouz

9. Museum Kata

Tak hanya berkunjung ke wisata alam yang cantik, di Belitung kita dapat meluangkan waktu sejenak untuk mendatangi museum kata yang menarik. Museum kata Andrea Hirata merupakan museum literatur pertama di Indonesia.  Selain “Laskar Pelangi” yang sangat fenomenal itu, disini kita juga dapat menikmati berbagai karya dari Andrea Hirata yang lainnya. Tempatnya cukup nyaman dengan penataan yang unik. Dindingnya dipenuhi pajangan pigura yang bertuliskan kata-kata  Andrea Hirata yang menyentuh, dan juga dihiasi berbagai lukisan maupun gambar. Selain bagi para penyuka karya sastra Andrea Hirata, Museum Kata tepat untuk menjadi destinasi liburan keluarga. Tak hanya bersenang-senang semata, dengan mendatangi tempat ini liburan bisa menjadi sarana edukasi, dan bisa menginspirasi serta menambah minat akan dunia literasi bagi anak-anak dan pengunjung lain pada umumnya.

Foto : instagram @haniefmaulida

Itulah sembilan diantara banyak sekali tempat menarik yang bisa dijadikan untuk destinasi wisata di Bangka Belitung. Keindahan Bangka Belitung memang tak perlu diragukan lagi. Tak hanya wisatawan domestik, tempat ini juga banyak menjadi sasaran wisatawan dari mancanegara. Sudah sepatutnya kita bangga akan keindahan alam yang dimiliki negeri kita. Jangan lupa untuk ikut serta menjaga dan memelihara kelestariannya, agar keindahannya tetap terjaga sampai seterusnya. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan di setiap perjalanan kita.

Penulis : @ami_salim